• 27-Apr-2021

Ritus Pergantian Bumbungan Baileo

RITUS PERGANTIAN BUMBUNGAN BAILEO SOMALOPU MARIRI WAI NEGERI RUTONG
Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, menjalankan sebuah Ritus adat Pergantian Bumbungang Baileo Somalopu Mariri Wai yang dilakukan pada tanggal 27 April 2021. Ritus ini dimulai pukul 12 malam, para Kepola Soa dari Soa Makatita, Soa Maspaitella, Soa Talahatu dan Soa Lessy Lawalata berkumpul di Baileo yang di pimpin oleh Tuan Tanah Dari Mata Rumah Makatita Soulisa. Anak-Anak Soa berkumpul di Rumah Kepala Soa untuk membuat Atap Menjadi Bumbungang. Terlihat erat persatuan dari Masing-Masing Soa untuk menyelesaikan tuntutan adat untuk melestarikan adat dan budaya dari Negeri berjuluk Nuru Aman Mena Muri yang artinya Negeri yang aman di depan dan aman di belakang. Pukul 08:00 Pagi, terik matahari mulai menyinari Negeri Rutong, terlihat para Kepala Soa sedang memimpin anggota Soa untuk datang ke Baileo. Tifa dan gong di bunyikan, lenso merah di ikat, wajah-wajah anak Lopurisa sangat tegas pertanda Ritus adat akan segera dimulai.



Empat Kepala Soa beserta Anggota Soa dipersilakan berurutan Naik ke Atas Baileo untuk melepaskan bumbungang yang lama, setelah itu Empat Kepala Soa dan anggotanya dipersilakan kembali ke Soa Untuk mengambil bumbungang yang di buat dari semalam.
Diiringi tifa gong keempat soa kembali ke Baileo dengan formasi jalan bersamaan melewati lorong negeri dan bertemu di depan Baileo. Tuan Tanah berkapata dan mempersialakan Soa Makatita, Soa Talahatu, Soa Maspaitella dan Soa Lessy Lawalata secara bergiliran naik ke Atas Baileo untuk memasangakan Bumbungang. Setelah penutupan bumbungang selesai acara di syukuri dengan Doa oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Rutong.

Makan Patita bersama menjadi penutup yang penuh dengan rasa kebersamaan. Ritus Adat pergantian bumbungang menjadi spirit bagi generasi muda untuk menjaga dan melestarikan adat yang ada di Istana Lopurisa Uritalai.