• 20-Jan-2022

NEGERI RUTONG MENJALANKAN RAPAT SANIRI BESAR 2021

rutong.id-Negeri Rutong menggelar acara saniri besar tahun 2021 yang dilaksanakan pada Jumat 14 Januari 2022 di Baileo besar Somalopu Maririwai. Acara saniri besar merupakan agenda tahunan yang biasa dilakukan untuk mengevaluasi semua program yang dilakukan oleh Pemerintah Negeri Rutong. Kegiatan Saniri besar diawali   secara adat yaitu ketika lonceng Negeri berbunyi empat soa keluar dari masing-masing soa untuk menuju ke Baileo, kemudian Upu Latu Negeri Rutong di kawal oleh kapitang dan malessy  dari rumah  Raja menuju baileo di iringi tifa gong dan juga totbuang kemudian  di sambut oleh Tuan Tanah Negeri Rutong.

Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella dalam sambutannya mengatakan bahwa “ untuk mewujudkan Rutong cerdas,sehat dan sejahterah harus di dukung oleh semua masyarakat Negeri Rutong dan juga seluruh anak cucu Negeri Rutong dimana saja berada, mari kita bersatu dan masohi untuk mencapai tujuan tersebut, ”

Masyarakat Negeri Rutong menyampaikan pikiranya lewat rapat saniri besar, dimana masyarakat Negeri Rutong mendukung program Bapak Raja untuk membangun Negeri Rutong ke arah yang lebih baik. “Kita mendukung Bapak Raja, kita harus bangga punya bapak Raja” ungkap salah satu Masyarakat Negeri Rutong. Selain itu juga masyarakat Negeri Rutong menyampaikan berbagai pendapatnya di program-program tahun 2021 maupun program di tahun-tahun yang akan datang.

Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella mengapresiasi semua saran yang diberikan oleh masyarakat dan juga ia mengatakan bahwa keunggulan Negeri Rutong  ada pada sumber daya manusia dan juga alam yang diberikan Tuhan kepada Negeri Rutong “ Kita bersyukur tahun 2021 berbagai penghargaan kita dapatkan seperti Negeri Digital Pertama di Maluku,Trophy Proklim dan masih banyak lagi penghargaan kepada kelompok-kelompok Pemberdayaan dan pembinaan kita” jelasnya.

Acara Saniri besar juga menghadirkan budaya makan patita dan acara ditutup dengan Pentas seni budaya Negeri Rutong.