• 16-Mar-2022

28 FEBRUARI DITETAPKAN SEBAGAI HARI RAJA

rutong.id-Negeri Rutong merupakan Negeri adat yang dipimpin oleh seorang Raja dari mata rumah perintah bermarga Maspaitella.

Tepat pada tanggal 28 Februari 2020 menjadi sebuah sejarah bagi Negeri Rutong dengan dilantiknya Raja yang definitiv setelah sekian tahunnya dipimpin oleh Pejabat Pemerintahan.

Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella bersama dengan saniri Negeri dan unsur adat menetapkan setiap tanggal 28 februari sebagai Hari Raja.

Hari Raja merupakan sebuah kebiasaan baru bagi Negeri Rutong, dimana Raja Negeri Rutong akan menyampaikan tema pembangunan Negeri pada tahun tersebut.

Masyarakat akan merayakannya lewat mengimplementasikan program pada kelompok-kelompok yang sudah dibentuk untuk mengembangkan bakat dan minat yang ada pada masyarakat.

Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella, menyampaikan sambutan di Hari Raja 2022 yang berlokasi di bukit Pohon kuini yang merupakan sebuah tempat istirahat ketika warga Rutong pulang dari kebun.

Dalam sambutannya Raja Negeri Rutong menyampaikan bahwa dari tahun 2020 pembangunan Negeri Rutong sedikit terhambat dengan adanya pembatasan khusus karena adanyan pandemi covid-19.

Pemerintah Negeri Rutong di tahun 2022 ini akan mengimplementasikan program pembangunan berdasarkan ekonomi sirkulasi.

“Ada program-program di tahun 2022 yang akan dilaksanakan yaitu program pertama, Rutong biru yang mengacu pada pembangunan ekonomi Negeri Rutong yang dikaitkan dengan pembangunan pesisir dan potensi kelautan”

“Program kedua, Rutong hijau yaitu kita akan mengembangkan sebuah keterpaduan konsep ekonomi yang disebut agroforestri yang artinya pembangunan yang kita kaitkan dengan pertanian perkabunan,kehutanan yang terkait dengan konservasi hutan,peternakan dan juga kita akan kembangkan Parawisata.” sebut Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella.

Pemerintah Negeri Rutong juga direncanakan akan mencanangkan Energi terbarukan di sektor transportasi yang berbasis listrik agar mempermudah aktivitas Pemerintahan dan masyarakat sehingga menjadi Negeri Percontohan

“Harapan saya di hari Raja 2022 ini kepada semua masyarakat Negeri Rutong maupun seluruh anak cucu Lopurisa yang kita sebut diaspora Rutong dimana saja berada, bahwa untuk membangun Negeri Rutong yang kita cintai ini bukan tidak mungkin pembangunan ini dilakukan oleh Raja tetapi disini sebagai masyarakat Negeri Rutong mari kita masohi,baku tongka bersama-sama dan memiliki sikap hati bekerja keras membangun Negeri Rutong yang kita cintai ini. Kita akan membangun Diaspora Rutong sehingga Diaspora Rutong bisa menjadi  duta besar untuk menyampaikan keindahan Rutong kepada dunia dan ikut terlibat untuk membangun negeri.” Ungkap Raja Negeri Rutong yang dikenal sebagai Raja Pemurah senyum ini.

Peringatan Hari Raja 2022 ini akan menjadi semangat dari semua unsur untuk membangun Negeri Rutong kedepan, terlebih khusus Negeri Rutong akan menjadi tumpuan berkat bagi semua.