• 14-Apr-2022

DANSA TALI & SEJARAHNYA

rutong.id-Dansa tali merupakan sebuah tarian asli dari Negeri Rutong,kecamatan leitimur selatan,Kota Ambon,Provinsi Maluku. Tarian ini diciptakan dengan akulturasi perpaduan antara budaya eropa dan budaya tradisional, Gerakan-gerakannya merupakan kombinasi dari Portugal yang berirama gembira yang biasa disebut music mars. Muncul tarian ini tak terlepas dari masa kolonial Belanda, dimana Maluku dijajah oleh bangsa Eropa, yaitu Belanda dan Portugal sehingga percampuran budaya eropa dan budaya lokal sangat kental.

Dansa tali diciptakan Oleh Marthen Thenu dan Benjamin Talahatu pada tahun 1934 di Negeri Rutong, pada tahun 1950 dansa tali baru dikenalkan dan ditampilkan secara umum. Asal mula tarian dansa tali diciptakan yaitu untuk mempersatukan Masyarakat Negeri Rutong lewat sebuah tarian khas tradisional.

Tarian dansa tali menggambarkan keadaan Negeri Rutong dimana tarian ini memiliki delapan utas tali  yang terdiri dari delapan penari laki-laki dan delapan penari perempuan. Delapan utas tali memiliki arti bahwa di Negeri Rutong pada saat itu memiliki delapan marga. Dalam peragaannya delapan utas tali itu dibagi menjadi dua bagian yang terdiri dari masing-masing memiliki empat utas tali, dua bagian itu menggambarkan dua wilayah uku dan wairoang yang dipisahkan oleh sungai waimandoi. Empat utas tali melambangkan ada empat soa yaitu Soa Maspaitella,Soa Makatita,Soa Talahatu dan Soa Lessy Lawalata yang mendiami Negeri Rutong sampai pada saat ini.

Delapan tali yang merupakan delapan marga di Negeri Rutong itu dibungkus dengan kain berwarnah merah dan putih, penari perempuan berbusana kebayah putih lengan Panjang dan kain warnah merah, untuk penari laki-laki memakai kebaya dansa berwarna merah dan celana berwarna putih. Busana tarian dansa tali menyimbolkan persatuan Negara kesatuan Indonesia.

Tarian dansa tali pada zaman dulu diiringi musik suling bambu dan tambor,seiring dengan perkembangan zaman tarian ini sudah diiringi oleh keyboard dan alat musik lainnya. Tarian dansa tali merupakan tarian khas Negeri Rutong yang sering ditampilkan pada acara adat budaya,penyambutan tamu serta acara lainnya.

Setiap generasi anak-anak Negeri Rutong diwajibkan untuk memainkan tarian ini dengan tujuan untuk merawat salah satu aset budaya yang ada di Negeri berteung Lopurisa uritalai. Tarian dansa tali telah menyatukan persepsi masyarakat Negeri Rutong untuk mencintai Negerinya sendiri. Tarian dansa tali akan terus menyalarkan persatuan dan kebaikan kepada siapa saja yang akan berkunjung ke Negeri Rutong dan  akan membuat pengunjung akan betah berada di Negeri Rutong.

Tarian dansa tali memiliki makna yang harus dicontohi yaitu tetap Bersatu pada satu tujuan dan tetap fokus untuk mencapai satu tujuan bersama.