• 11-May-2022

Negeri Rutong masuk 10 besar di 2 kategori Anugerah Pesona Indonesia 2022

rutong.id-Negeri Rutong berhasil masuk sepuluh besar pada ajang Anegerah Pesona Indonesia Award (API) tahun 2022. API adalah salah satu penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah pusat lewat Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI terhadap potensi parawisata yang belum dieksplor.

Negeri Rutong mewakili Kota Ambon Provinsi Maluku yang didukung oleh Dinas Parawisata Kota Ambon mengajukan 2 nominasi, yaitu Nominasi Kampung adat dan Nominasi ekowisata.

Lewat penilain yang ketat oleh tim penilai, Negeri Rutong berhasil masuk kategori 10 terbaik pada dua nominasi yaitu nominasi Kampung adat (Hatu Rutui)  dan nominasi ekowisata (Sagu Rutong). Pengumuman disampaikan lewat virtual di chanel youtube @Apiaward Senin 09 Mei 2022.

Raja Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella menyambut baik nominasi ini.

“Saya sangat menghargai dan semangat atas nominasi yang diperoleh Negeri Rutong atas 2 kategori,nominasi ini menggambarkan potensi Negeri Rutong sebagai Negeri wisata di Indonesia khususnya menyangkut potensi alam dan adat, ini sebagai satu nilai jual parawisata Negeri Rutong dan Kota Ambon kedepan” pungkasnya kepada rutong,id.

Raja Negeri Rutong juga berharap bahwa kita sebagai warga masyarakat dapat menganggapi dengan suatu semangat untuk berpartisipasi didalam mendukung proses penilaian selanjutnya.

“Proses penilaian dari masyarakat umum lewat media social, untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat Negeri Rutong dan Kota Ambon maupun masyarakat Maluku untuk mendukung Negeri Rutong  pada ajang ini dan lebih khusus kepada Diaspora Rutong di seluruh Nusantara dan dunia untuk mendukung Negeri Rutong baik secara pribadi tetapi juga mengajak sahabat,kolega dan komunitas lainnya”. Ungkap Raja Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella.

Sementara itu Badan Saniri Negeri Rutong sangat berbahagia dan bersyukur atas apa yang diraih oleh Negeri Rutong untuk mempromosikan Wisata kepada Indonesia.

“Kami badan saniri yang merupakan perwakilan dari semua SOA yang ada di Negeri Rutong bahwa pada dasarnya kami selaku anak-anak adat akan menjunjung tinggi,menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat yang ada di Negeri Rutong.Kami ingin mengajak semua anak cucu Lopurisa Uritalai dimana saja berada untuk kita bergandengan tangan,Bersama-sama mendukung dan mensuport.” Ungkap Saniri Negeri Rutong, Frengki Mataheurilla kepada rutong.id

Dengan masuknya Negeri Rutong di ajang API award 2022 membuat warga masyarakat Negeri Rutong di media sosial turut berbahagia dengan mengupload gambar-gambar pengumuman hasil di media sosial mereka.

Proses penilaian akan dilaksanakan pada 01 Juni-31 Oktober 2022, dan dilakukan lewat voting di chanel youtube,Instagram,Facebook dan melalui SMS.

Mohon Dukungan dan doa dari seluruh masyarakat untuk mendukung Negeri Rutong pada ajang nasional Anugerah  Pesoan Indonesia 2022.