• 30-Jun-2022

PENCANANGAN DESA RUTONG SEBAGAI DESA CANTIK

rutong.id-Negeri Rutong kecamatan Leitimur selatan Kota Ambon dicanangkan menjadi Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik yang berlangsung di Negeri Rutong pada tanggal 30 Juni 2022. Acara ini dihadiri oleh BPS Provinsi Maluku,BPS Kota Ambon,Dinas P3AMD Kota Ambon,Dinas Informatika dan Persandian Kota Ambon,Pemerintah Negeri Rutong, dan Badan Saniri Negeri Rutong.

Desa cantik adalah sebuah program percepatan penguatan statistik sektoral secara nasional dalam pengolahan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Negeri Rutong merupakan salah satu Negeri/Desa yang menjadi tujuan dari Badan Pusat Statistik Maluku dan Badan Pusat Statistik Kota Ambon untuk dicanangkan menjadi salah satu dari 100 Desa cantik di Indonesia.

Kepala BPS Provinsi Maluku, Bpk Asep Riyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Negeri Rutong ini sangat cocok untuk mengimplementasikan program Desa cantik karena konsep pembangunan Negeri Rutong melalui digitalisasi ini sementara berjalan sehingga program desa cantik sangat mudah dilaksanakan disini.

“Saya sangat tertarik dengan Negeri Rutong dengan konsep pembangunan berkelanjutan berbasis digital dan kemajuan budaya, ini Visi dari Bpk Raja sangat luar biasa. Kita akan berkolaborasi berbagai pihak juga dengan masyarakat untuk mewujudkan Desa Cantik disini dan bahkan kita usulkan untuk Negeri Rutong sebagai kanindat untuk masuk dalam Desa Cantik Nasional”.

Ungkap Kepala BPS Provinsi Maluku, Bpk Asep Riyadi dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Pemerintahan Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella menyambut baik Pencanangan Negeri Rutong sebagai Desa Cantik oleh BPS Provinsi Maluku dan BPS Kota Ambon.

Dikatakannya bahwa Data sangat penting untuk pengelolan informasi untuk pembangunan Negeri Rutong berkelanjutan.

“Pemerintah Negeri Rutong mempunyai program-program berkelanjutan, untuk itu data sangat penting untuk menunjang program pembangunan di Negeri ini, selain itu juga Pembangunan Negeri Rutong berdasarkan SDGS dari Kementrian Desa dan ini sangat baik sekali untuk pembangunan Negeri Rutong”.

Sebut Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella dalam sambutannya.

Desa cantik atau Desa Cinta Statistik akan meningkatkan kualitas data statistik di Negeri Rutong kedepan.