• 27-Jul-2022

Proses Bayar Pajak Online Jadi Inovasi Baru

Proses pembayaran pajak menjadi semakin mudah seiring dengan pesatnya perkembangan zaman. Semua hal dilakukan secara daring atau online.

Direktoral Jenderal Pajak (DJP) sudah menyediakan e-Billing dan e-Filing. Proses e-Billing merupakan metode bayar pajak secara online dengan menggunakan kode billing pajak melalui Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk membayar pajak. Sistem billing ini akan menerbitkan kode billing pajak untuk pembayaran atau penyetoran pajak secara online, tanpa perlu membuat surat setoran, seperti SSP, SSBP, SSPB secara manual.

Beberapa aplikasi bayar pajak online ini juga memiliki banyak opsi untuk membayar pajak. Ada yang menyediakan pilihan pembayaran dengan virtual account bank, QRIS, dan lainnya. Dengan adanya banyak opsi pembayaran pajak ini, tentu masyarakat menjadi sangat mudah dalam melakukan pembayaran pajak.

Lalu, proses e-Filling, yaitu lapor pajak online yang dilakukan dengan cara penyimpanan SPT (Surat Pemerintahan) melalui saluran pelaporan pajak secara online oleh Direktoral Jenderal Pajak.

Dengan adanya inovasi dari Direktoral Jenderal Pajak, lapor pajak dapat dilakukan dari rumah, tanpa perlu pergi ke Kantor Pelayanan Pajak. Hal ini tentunya menghadirkan banyak keuntungan bagi wajib pajak dan pemerintah, antara lain pengisian data mudah, mengurangi sampah kertas,

Dengan adanya inovasi baru dalam pembayaran pajak, tentunya ini memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat dan pemerintah. Ada beberapa keuntungan dari e-Billing pajak, yaitu pembayaran pajak terhindar dari human error, transaksi real-time, membuat kode billing secara online, menjadi banyak opsi untuk bayar pajak.

Tahapan Mengakses Ebilling Pajak

Anda sudah tidak perlu khawatir karena kenyataannya membayar pajak melalui metode ebilling tidaklah sulit. Hanya ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan, di antaranya:

1. Membuat Akun Ebilling Pajak Surat Setoran Elektronik (SSE)

Pertama-tama, Anda perlu membuat akun ebilling SSE terlebih dahulu. Syarat pembuatan akun ebilling tidaklah rumit karena Anda hanya akan diminta NPWP. Oleh karena itu penting untuk dipastikan bahwa Anda sudah memiliki NPWP sebelum mendaftar akun ebilling. Pendaftaran akun ebilling dapat dilakukan melalui tautan berikut: https://djponline.pajak.go.id/account/login.

2. Membuat Kode ID Ebilling Pajak

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat kode ID ebilling. Untuk membuat kode ID ebilling, Anda hanya perlu mengakses laman resmi DJP, login ke akun ebilling yang sudah terdaftar, dan masuk ke menu pembuatan kode ID ebilling SSE. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang terdapat di layar. Pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan dan mengikuti instruksi dengan baik.

3. Cetak Kode ID ebilling Pajak

Setelah memiliki kode ID ebilling, tahap selanjutnya adalah mencetak kode ID ebilling yang telah dikirimkan. Tahap ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencetak kode ID ebilling di selembar kertas untuk proses pembayaran pajak. Pastikan bahwa hasil cetaknya jelas dan dapat terbaca dengan baik.

4. Membayar Pajak

Apabila semua tahap di atas sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya Anda sudah bisa langsung membayar pajak dengan datang langsung ke teller bank, ATM, mini ATM, kantor pos, atau melalui internet banking. Cara untuk membayar pajak melalui ebilling adalah sebagai berikut:

 

Contoh membayar pajak dengan ebilling melalui ATM Bank BCA

Masukkan PIN

Pilih Transaksi Lain

Pilih Pembayaran

Pilih MPN / Pajak

Pilih Penerimaan Negara

Masukkan 15 digit Kode Billing

Pilih Benar

Pastikan data benar , jika yakin pilih YA

 

Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=vB6RgYbt7U4